Rabu, 12 Desember 2018

Alergi Oat

Gejala, Penyebab, dan Pengobatan


Jika Anda menemukan diri Anda menjadi bernoda atau terkena pilek setelah makan semangkuk oatmeal, Anda mungkin alergi atau sensitif terhadap protein yang ditemukan dalam oat. Protein ini disebut avenin.

Sensitivitas alergi dan oat oat keduanya memicu respons sistem kekebalan. Ini menghasilkan pembentukan antibodi yang dirancang untuk memerangi zat asing yang dianggap tubuh sebagai ancaman, seperti avenin.

Beberapa orang yang menemukan diri mereka mengalami gejala setelah makan gandum mungkin tidak alergi terhadap gandum sama sekali, tetapi mungkin memiliki sensitivitas gluten atau penyakit celiac.

Gluten adalah protein yang ditemukan dalam gandum. Oat tidak mengandung gluten; Namun, mereka sering ditanam dan diproses dalam fasilitas yang juga menangani gandum, rye, dan zat lain yang mengandung gluten.

Kontaminasi silang antara produk ini dapat menghasilkan, menyebabkan sejumlah kecil gluten untuk mencemari produk oat. Jika Anda harus menghindari gluten, pastikan produk apa pun yang Anda makan atau gunakan yang mengandung oat diberi label gluten free.

Anda mungkin juga mengalami ketidaknyamanan lambung saat makan gandum jika Anda terlalu sensitif terhadap makanan berserat tinggi. Menyimpan buku harian makanan dapat membantu Anda menentukan apakah yang Anda miliki adalah alergi terhadap avenin atau kondisi yang berbeda.
Gejala

Alergi oat tidak umum tetapi dapat terjadi pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa. Alergi terhadap oat dapat menyebabkan gejala mulai dari ringan hingga berat, seperti:

    kulit gatal, iritasi, gatal
    ruam atau iritasi kulit di dalam dan di mulut
    tenggorokan gatal
    hidung berair atau hidung tersumbat
    mata gatal
    mual
    muntah
    diare
    sakit perut
    sulit bernafas
    anafilaksis

Sensitivitas Oat dapat menyebabkan gejala ringan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk terjadi. Namun, gejala-gejala ini bisa menjadi kronis jika Anda makan gandum atau bersentuhan dengan mereka berulang kali. Gejala-gejala ini termasuk:

    iritasi lambung dan peradangan
    diare
    kelelahan

Pada bayi dan anak-anak, reaksi terhadap oat dapat menyebabkan sindrom enterocolitis yang diinduksi protein makanan (FPIES). Kondisi ini mempengaruhi saluran cerna. Dapat menyebabkan muntah, dehidrasi, diare, dan pertumbuhan yang buruk.

Jika jangka panjang atau berat, FPIES juga dapat menyebabkan kelesuan dan kelaparan juga. Banyak makanan, bukan hanya gandum, dapat memicu FPIES.

Alergi oat juga dapat mempengaruhi kulit saat digunakan secara topikal. Sebuah studi 2007 pada anak-anak dengan dermatitis atopik menemukan bahwa persentase yang signifikan dari bayi dan anak-anak memiliki reaksi alergi pada produk yang mengandung oat, seperti lotion.

Orang dewasa juga dapat mengalami reaksi kulit jika mereka alergi atau sensitif terhadap gandum dan menggunakan produk yang mengandung bahan ini.
Pengobatan

Jika Anda alergi atau sensitif terhadap avenin, hindari oat dalam apa yang Anda makan dan produk yang Anda gunakan adalah penting. Periksa label untuk kata-kata seperti oat, bubuk oat, dan avenin. Hal-hal yang harus dihindari termasuk:

    mandi oatmeal
    lotion oatmeal
    muesli
    granola dan granola batangan
    bubur
    havermut
    kue gandum
    Bir
    oatcake
    susu gandum
    pakan kuda yang mengandung oat, seperti oat hay

Anda dapat sering menghentikan reaksi alergi ringan terhadap oat dengan mengambil antihistamin oral. Jika Anda mengalami reaksi kulit, kortikosteroid topikal dapat membantu.
Diagnosa

Ada beberapa tes yang dapat menunjukkan alergi makanan dari segala jenis, termasuk gandum. Ini termasuk:

    Tes tusukan kulit (tes awal). Tes ini dapat menganalisis reaksi alergi Anda terhadap banyak zat sekaligus. Menggunakan lancet, dokter Anda akan menempatkan sejumlah kecil alergen bersama dengan histamin dan gliserin atau garam di bawah kulit lengan bawah Anda untuk melihat mana yang menghasilkan respons. Tes ini tidak menyakitkan dan memakan waktu sekitar 20 hingga 40 menit.
    Uji tempel. Tes ini menggunakan patch yang diobati dengan alergen. Tambalan tetap di punggung atau lengan Anda hingga dua hari untuk menentukan apakah Anda memiliki reaksi alergi yang tertunda terhadap oat.
    Tantangan makanan oral. Tes ini mengharuskan Anda untuk menelan oat, dalam jumlah yang semakin banyak, untuk melihat apakah Anda memiliki reaksi alergi. Tes ini hanya boleh dilakukan di fasilitas medis, di mana Anda dapat dirawat karena gejala alergi yang serius, jika hal itu terjadi.

    Kapan mengunjungi dokter Anda

Jika Anda memiliki reaksi alergi yang parah terhadap gandum, seperti kesulitan bernafas, atau anafilaksis, hubungi 911, atau segera kunjungi dokter.

Seperti halnya alergi makanan, gejala-gejala ini dapat dengan cepat menjadi mengancam jiwa, tetapi biasanya dapat dihentikan dengan epinefrin auto-injektor yang kadang-kadang disebut EpiPen.

Bahkan jika Anda membawa epinefrin dan menggunakannya untuk menghentikan serangan, hubungi 911 atau pergi ke ruang gawat darurat terdekat segera setelah episode anafilaksis.

Gejala anafilaksis meliputi:

    penurunan tekanan darah
    gatal-gatal atau kulit gatal
    mengi atau kesulitan bernapas
    Lidah atau tenggorokan bengkak
    mual
    muntah
    diare
    lemah, denyut nadi cepat
    pusing
    pingsan

Bawa pulang

Sensitivitas atau alergi terhadap oat jarang terjadi. Orang-orang dengan kondisi ini memiliki reaksi sistem kekebalan terhadap avenin, protein yang ditemukan dalam oat.

Orang yang sensitif terhadap gluten, seperti mereka dengan penyakit celiac, juga dapat bereaksi buruk terhadap oat karena kontaminasi silang produk.

Alergi oat dapat menyebabkan kondisi serius pada bayi dan anak-anak. Juga dapat menyebabkan dermatitis atopik.

Jika Anda menduga bahwa Anda atau anak Anda memiliki alergi atau kepekaan oat, hindari oat dan bicarakan dengan dokter Anda.

Jika Anda hidup dengan alergi makanan, periksa aplikasi alergi terbaik untuk tips bermanfaat tentang makan di luar, resep, dan banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar